Selasa, 28 Maret 2017

Ini Penjelasan Dr Zair Naik Mengapa Islam Melarang Yoga


Seorang pemuda bertanya kepada Dr Zakir Naik dalam sebuah forum yang dihadiri ribuan orang, mengapa Lembaga Fatwa Malaysia melarang muslim melakukan yoga.

“Beberapa tahun lalu lembaga Fatwa Malaysia melarang muslim melakukan yoga, mereka berkata hal itu bertentangan dengan Islam. Apakah itu benar menurut Al Quran? Terima kasih” tanya pemuda tersebut.

Dr Zakir Naik pun kemudian menjawab:

“Saudara ini bertanya bahwa Lembaga Fatwa Malaysia melarang Muslim melakukan yoga. Karena hal ini bertentangan dengan Islam. Saudara ini bertanya apakah hal ini bertentangan dengan Quran.

Saudara, yoga adalah jenis olahraga, yang berasal dari berbagai tempat, termasuk dari kitab Wedha. Dan dalam yoga kau kemungkinan harus mengatakan hal-hal seperti aku bukan ahli dalam yoga tapi aku sadar dalam yoga kau harus mengatakan hal-hal seperti “om” dan menyanyikan kata-kata tertentu. Semua hal ini bisa mengarah ke syirik.

Ini kemungkinan mengarah ke syirik, itu artinya kau menyebut makhluk lain sebagai Pencipta selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam Islam, seperti yang kusebutkan dalam ceramahku, menurut surat An Nisa’ ayat 48 dan surat An Nisa’ ayat 116, Allah akan mengampuni dosa apapun kecuali dosa syirik. Dia tidak akan mengampuninya.

Syirik adalah menyekutukan Allah. Jadi jika kau menyekutukan Allah dengan makhluk, memanggil siapapun yang dinggap Tuhan selain kepada Allah, maka ini adalah syirik. Jadi yoga ini sering mengarah kepada syirik dan aku setuju dengan Lembaga Fatwa Malaysia yang melarang muslim melakukan yoga.”[]
Berikut videonya


Artikel Terkait