Rabu, 15 Maret 2017

Jam Bebas Gadget, Program Rehabilitasi Komunikasi Keluarga


Pemanfaatan gadget yang berlebihan, bisa membuat suami dan istri mengalami kecanduan. Mereka terlalu asyik dengan gadget dan lupa dengan pasangan dan anak-anak.

Suami asyik membangun relasi dengan orang-orang yang jauh, namun mengabaikan perasaan istri dan kebutuhan anak-anak akan perhatian.

Demikian pula istri asyik membangun komunikasi dengan orang-orang yang jauh, namun mengabaikan pelayanan kepada suami dan perhatian terhadap anak-anak.

Ini menjadi racun yang membahayakan kehidupan berumah tangga. Walaupun konteksnya positif, seperti hubungan sosial, atau bisnis online, atau hal bermanfaat lainnya, tetap potensial menimbulkan masalah dalam rumah tangga apabila pemakaian gadget sudah berlebihan.

Untuk itu Esther Perel, seorang pakar komunikasi asal Belgia menyatakan, media sosial berpotensi besar untuk merusak hubungan percintaan. Banyak pasangan mencari cara untuk memperbaiki hubungan mereka. Salah satunya adalah berhenti sejenak atau 'puasa' dari segala jenis fitur komunikasi agar hubungan dengan pasangan bisa diperbaiki.

Maka sangat penting bagi pasangan suami istri untuk membatasi pemakaian koneksi internet baik melalui gadget atau sarana lainnya. Harus ada kesepakatan bersama dalam keluarga untuk bebas dari gadget pada jam tertentu untuk dijadikan sebagai family time.

Waktu yang tepat adalah jam 18.00 - 21.00, dimana semua anggota keluarga bisa berkumpul di rumah. 18.00 - 21.00 ini adalah JBG, Jam Bebas Gadget.

Ketika suami, istri dan anak-anak tengah di rumah, mulai jam 18.00 semua smartphone dan gadget harus dimatikan.

Selepas shalat Maghrib, semua anggota keluarga berkumpul untuk mengaji, berdzikir, berdoa, dilanjutkan dengan makan malam bersama, hingga shalat Isya.

Usai shalat Isya disambung dengan belajar, mengerjakan PR, dan menyiapkan keperluan sekolah atau kuliah untuk besok paginya.

Jam 21.00 anak-anak dikondisikan untuk tidur agar bisa bangun awal melaksanakan ibadah malam hingga shalat Subuh. Sementara itu orang tua bisa kembali membuka gadget untuk keperluan-keperluan mereka, setelah beraktivitas bersama-sama keluarga.

Jam 18.00 - 21.00 adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama semua anggota keluarga. Matikan smartphone dan gadget. Manfaatkan seoptimal mungkin untuk family time.

Saling bicara dan menyapa. Melaksanakan ibadah bersama. Makan malam bersama. Menyiapkan bahan pelajaran besok pagi untuk sekolah anak-anak.

Mari segera dimulai saja. Berlaku untuk anda yang tengah berada di rumah, atau tengah bepergian bersama keluarga. [bersamaislam/berdakwah]

Penulis: Cahyadi Takariawan


Artikel Terkait