Rabu, 26 April 2017

Dr. Zakir Naik Terkejut Nikah Beda Agama Sering Terjadi di Indonesia (Video)


Seorang mahasiswi bernama Nanda bertanya kepada Dr. Zakir Naik bahwa ketika dia membaca Quran, dia menemukan ayat yang mengatakan bahwa orang-orang kafir akan masuk neraka.

Tapi pada surat Al-Baqarah: 62 dikatakan bahwa barangsiapa yang beriman pada Allah, entah dia orang Yahudi, Kristen, atau Sabian akan masuk surga. Jadi kedua ayat ini tampak berkontradiksi. Jadi bagaimana kita menafsirkan ayat ini?

Ini adalah bagian dari ceramah Dr. Zakir Naik dalam tur Indonesia 2017 (Dr. Zakir Naik Visit Indonesia 2017). Ceramah ini dilaksanakan di UNIDA Gontor pada bulan April 2017.

Perlu ditegaskan bahwa haram hukumnya seorang Muslimah menikah dengan laki-laki non-Muslim secara mutlak, baik laki-laki itu dari golongan Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) ataupun dari agama musyrik lainnya.


Hal ini telah ditegaskan dalam Alquran dan merupakan ijmak (konsensus) para ulama Islam. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, “Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (QS al-Baqarah [2]: 221).

Dalam tafsirnya, Imam al-Thabari menjelaskan bahwa dalam ayat ini Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah mengharamkan wanita Mukminah untuk menikah dengan lelaki musyrik dari jenis mana pun, maka hendaklah laki-laki beriman (para wali wanita mukminah) tidak menikahkan seorang wanita Mukminah dengan laki-laki kafir karena itu adalah hal yang haram dilakukan.

Berikut video geramnya Dr. Zakir Naik saat menjawab pertanyaan di atas.



Artikel Terkait

loading...