Selasa, 04 April 2017

Pemimpin Sekaligus Penjaga Kuil Aliran Sufi Pakistan Bantai Jamaahnya


Dua puluh orang dibunuh di situs Sufi dekat kota Sargodha, provinsi Punjab, Pakistan, menurut polisi. Beberapa jama'ah kuil juga terluka parah akibat serangan. Wakil komisaris polisi Liaquat Ali Chatta mengatakan, tersangka utama saat ini adalah kuncen situs bernama Abdul Wahid.

Salah satu korban terluka mengatakan, pelaku memanggil jama'ah ke dalam kamarnya satu per satu, dan memberi mereka makanan beracun. Ia dan teman-temannya kemudian membunuh mereka dengan belati dan tongkat.

"Ketika mereka (jama'ah) tiba, mereka (pelaku) menyiksa dan membunuh mereka". ujar Chattha dalam Pakistan Geo TV.

Alarm dinyalakan seorang korban wanita yang berhasil melarikan diri. Polisi setempat kemudian bergegas ke situs dan menangkap Abdul Wahid, bersama beberapa orang lain yang diyakini sebagai anak buahnya.

Salah satu petugas polisi menyebut tersangka mungkin memiliki gangguan mental. Pembunuhan didasari persaingan menguasai situs keramat itu.

"Penjaga kuil berusia 50 tahun, Abdul Wahid, telah mengaku bahwa ia membunuh jama'ah karena takut mereka datang membunuhnya", ujar Zulfiqar Hamid. Wartawan BBC mengatakan, kuncen itu menempatkan dirinya sebagai pemimpin spiritual kaum sufi.

"Warga mengatakan, ia secara teratur menyerang murid-muridnya. Dia akan membuat mereka menanggalkan pakaian dan membakar pakaian itu", katanya. Pervaiz Haider, seorang dokter rumah sakit, menyatakan sebagian besar korban mengalami luka di bagian belakang leher.

"Ada memar dan luka yang ditimbulkan oleh tongkat dan belati pada tubuh korban", katanya.

Menurut korban selamat, alarm juga dikeraskan oleh anak-anak yang menyaksikan kekerasan melalui pintu. Jama'ah dewasa kemudian menyerang tersangka. [BBC]

IBADAH NYELENEH SUFI


Artikel Terkait

loading...