Senin, 24 April 2017

Terungkap! Ini Identitas Penyebar Kampanye Hoax Jakarta Bersyariah


Menjelang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua beberapa waktu yang lalu, akun Twitter @CangHaris mengaku sebagai pendukung Anies-Sandi dan mengkampanyekan Jakarta Bersyariah serta hoax lainnya.

Kini, identitas @CangHaris terungkap. Tim pemenangan Anies-Sandi berhasil membongkar identitasnya.

“Orangnya bernama Natan Mikhael dengan alamat akun instagram @nathanmikhael, yang kami identifikasi tinggal di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan,” kata Jurubicara Tim Pemenangan Anies-Sandiaga, Anggawira, dalam siaran persnya, Sabtu (22/4/2017), seperti dikutip Jawapos.

Dari sejumlah foto dalam akun tersebut, ada satu postingan yang cukup menyita perhatian yaitu foto segelas minuman dengan caption "Selamat datang Jakarta bersyariah. Mari mabuk agar supaya".

Anggawira yakin pemilik akun tersebut merupakan "buzzer" yang bekerja mem-framing dan menggiring opini.

Dari hasil klarifikasi ke seluruh tim pemenangan dan relawan Anies-Sandi, tidak satupun bukti yang menunjukkan bahwa @CangHaris bagian dari relawan atau tim Anies-Sandi.

Karena itu, ia meminta agar polisi bisa mengusut tuntas kasus tersebut. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat yang ikut mengawasi serta memberikan laporan.

Hasil pantauan Tarbiyah.net, akun Twitter @CangHaris kini telah dihapus, sedangkan akun Instagram @nathanmikhael juga tidak bisa diakses. [Ibnu K/Tarbiyah.net]


Artikel Terkait