Jumat, 19 Mei 2017

Awal Ramadhan dan Idul Fitri 2017 Diprediksi Serempak


Awal puasa alias 1 Ramadhan 1438 hijriah diprediksi akan serempak. Baik oleh kalangan yang berpegang pada rukyah maupun kalangan yang berpegang pada hisab. Pasalnya, pada akhir Sya’ban, posisi hilal berada di atas 4 derajat.

Awal Ramadhan 2017 akan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017, yang berarti umat Islam akan mulai shalat tarawih pada Jumat malam, 26 Mei 2017. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Nadjib Hamid pada 14 Maret lalu.

Nadjib bahkan memastikan kalau awal Ramadhan tahun ini akan serempak.

“Awal Ramadhan dipastikan bareng karena saat akhir bulan Sya’ban, ijtimak terjadi sebelum matahari terbenam, dan posisi hilal saat matahari terbenam sudah di atas 4 derajat,” tandasnya seperti dikutip PWMU.

Menurut perhitungan hisab haqiqi wujudul hilal yang dipedomani oleh Muhammadiyah, ijtimak menjelang Ramadhan tahun ini terjadi pada hari Jum’at, 26 Mei 2017 jam 02:46:53 WIB dini hari. Sedangkan tinggi bulan sewaktu terbenam Matahari, di Yogyakarta = +08 derajat 01’ 58’ yang artinya hilal sudah wujud.

Di seluruh wilayah Indonesia, tuturnya, saat terbenam matahari pada Jumat petang itu, posisi bulan sabit telah berada di atas ufuk. Sehingga 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017 M.

Idul Fitri 1438 juga diprediksi serempak karena posisi hilal saat matahari terbenam pada tanggal 24 Juni 2017 telah berada di atas dua derajat, tepatnya tiga derajat.

Memang, menurut Nadjib, posisi hilal ini sulit dilihat secara kasat mata. Namun, berdasarkan metode imkanur ru’yat, hilal sudah wujud saat posisinya sudah dua derajat.

Serempaknya awal Ramadhan dan Idul Fitri merupakan hal yang menggembirakan umat Islam. Meskipun ada kalanya terjadi perbedaan antara kalangan yang berpegang pada metode rukyat dan hisab, sebenarnya bukan hal yang besar bagi umat Islam yang mengetahui adanya perbedaan metode itu. Namun, tentu saja ketika awal Ramadhan dan Idul Fitri serempak, hal itu lebih menggembirakan. Dan semoga seperti prediksi di atas, awal Ramadhan dan Idul Fitri 2017 ini benar-benar serempak. [Ibnu K/Tarbiyah.net]


Artikel Terkait

loading...