Selasa, 20 Juni 2017

Viral Video “Gerakan Tak Lazim” Dalam Masjid, Ini Penjelasan Ulama


Vidio yang tengah viral di media sosial yang menunjukan gerakan jamaah di sebuah masjid hingga membuat beragam tanggapan dari para netizen. Tidak sedikit para netizen yang mengira apa yang di lakukan tersebut tidak ada dalam ajaran agama Islam.

Kali ini sebuah klarifikasi dari ulama terkait vidio yang beredar viral di media sosial itu. Vidio yang sudah di tonton lebih dari 260 ribu orang peonton itu terjadi di Masjid Raya, Desa Bunga Tanjung, Kerinci.

Dalam vidio tersebut nampak seluruh umat yang hadir tengah melakukan gerakan zikir, atau Ratib Saman, yang dilakukan pada malam ke 16 Ramadhan tahun ini.

Untuk diketahui beberapa desa di Kabupaten Kerinci masih mempertahankan salah satu ritual bernuansa islami di bulan Ramadan yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Yakni melakukan Ratib Tegak atau Ratib Saman pada malam ke-16 dan malam ke-27 Ramadan.

Ratib Saman merupakan gerakan zikir secara berdiri yang dilakukan ratusan jamaah di dalam Mesjid atau Mushala.

Gerakan-gerakkan yang mereka lakukan dinamakan dengan Tradisi Ratib Saman atau Ratib Tegak yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tradisi in dibawa oleh ulama terkemuka bernama Syech Muhammad Saman Al Madani dari Madinah, Arab Saudi.

Meskipun sudah ada klarifikasi tentang video tersebut, namun netizen tetap kontra dengan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh warga Kerinci ini.

Mereka masih melontarkan komentar tidak setuju. Bahkan ada diantara mereka yang berasal dari Kerinci dan tidak mengakui keberadaan tradisi tersebut. [manaberita/videoviral]



Artikel Terkait