Minggu, 23 Juli 2017

Belum Tahu Masjid Al- Aqsha? Yuk, Jelajahi Lewat Video 360° Disini


Penjajahan Palestina oleh Israel yang terjadi hingga saat ini ternyata telah dirancang sejak abad 19, saat Palestina dibawah kendali Dinasti Ottoman (Schols, 2000:228). Saat itu imperialisme Inggris dan sekutunya terus menyerang dan melemahkan Dinasti Ottoman.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya (lihat "Jangan Mau Kalah Sama Bapak Zionis"). Wilayah Palestina tengah menjadi incaran terwujudnya negara Israel.

Walaupun Sultan Abdul Hamid II tegas menolak Herzl, Basel Progam berjalan selepas Konferensi zionis pada 1897. Hanya beberapa tahun setelah penolakan, Sultan Abdul Hamid II dikudeta. Tahun 1909, Sultan lengser dari kekuasaannya. ** Strategi kedua zionisme dilancarkan. Pada 1917, Perdana Menteri Inggris, resmi mendukung pendirian "Home Land" bagi Yahudi lewat Deklarasi Balfour.

Ketika ditampilkan gambar Kubah As Sakhrah misalnya, dikatakan itu bukan Masjid Al Aqsha, namun Masjid buatan Zionis untuk mengelabui umat muslim.

Yang benar: Masjid Al Aqsha adalah keseluruhan tempat yang berada di dalam pagar masjid, walaupun tempat tersebut tidak beratap. Kompleks Masjid Al Aqsha keseluruhanya memiliki luas 14,4 hektar.

Oleh sebab itu tidak semua kawasan Masjid Al-Aqsha beratap. Namun setiap orang yang shalat di sudut-sudut masjid Al-Aqsha tetap mendapatkan pahala lebih banyak dibanding tempat lain.

Di dalam masjid Al-Aqsha terdapat beberapa tempat shalat yang beratap, antara lain:

1. Masjid Jami' Al Qibli
Orang mengenalnya dengan sebutan Masjid al-Aqsha, padahal sebutan itu tidak tepat karena ia hanya merupakan salah satu bagian dari Masjid al-Aqsha yang terdiri dari tanah dan bangunan. Didirikan pertama oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayyah dan disempurnakan pada masa anaknya Al-Walid bin Abdul Malik tahun 86-96 H/705-714 M. Pada masa pendudukan Pasukan Salibis, Masjid Al Qibli pernah dibagi tiga: tempat komando tentara, tempat tinggal kavaleri dan Gereja

2. Masjid Kubah As Sakhrah (The Dome of The Rock)
Bangunan yang sangat ikonik ini juga dibangun oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan. Dibina tepat di atas batu yang diyakini pijakan Buroq saat melakukan Mi'raj.

3. Masjid Al-Aqsha Al-Qadim
Merupakan bangunan kuno tepat di sebelah selatan masjid al-Aqsha dan di bawah masjid Al-Qibli.

4. Masjid/Mushalla Al Marwani
Berada di sebelah tenggara masjid al-Aqsha. Dibangun pada masa Umawiyah dengan tujuan agar halaman sisi selatan dan utara masjid al-Aqsha sama rata. Di masa Salibis, bangunan ini pernah dijadikan kandang kuda.

5. Masjid Al-Buraq
Terletak di barat daya masjid al-Aqsha dan berada di bawah pintu Al-Magharibah. Dinamakan Al-Buraq, karena tempat tersebut diyakini tempat Nabi Muhammad meletakkan kendaraannya pada malam Isra’ dan Mi'raj.

Berikut adalah video 360° dari Al Jazeera yang akan membawa anda berjalan-jalan menjelajahi kompleks masjid Al - Aqsha. Semoga bermanfaat dan menambah kecintaan kita kepada salah satu tempat suci umat Islam ini. [aljazeera/berdakwah]

Baca: Sejarah Penjajahan Palestina, "Yang Memiliki yang Pergi"
Baca: Kejahatan Perang Israel, Kekejian Sudah Terlebih Dahulu Lahir di Palestina
Baca: Kenapa Yahudi dan Nasrani Disebut Sebagai Orang-orang Kafir (Video)
Baca: Sejarah Panjang Permusuhan Yahudi Terhadap Islam

JELAJAH AL - AQSHA DALAM VIDEO 360°, #SHARE & #VIRALKAN

SUASANA AL - AQSHA PADA HARI JUMAT

BAGIAN DALAM MASJID AL - AQSHA

THE DOME OF ROCK


Artikel Terkait

loading...