Selasa, 01 Agustus 2017

Ini Dia Tips Cara Hafal Al-Qur'an Oleh Wirda Mansur


Kalian ada niat menghafal Al-quran tapi masih belum tahu caranya? Berikut ini akan di beberkan cara menghafalkan Quran secara secapat dan mudah by Wirda Mansur. Wirda Mansur di usianya yang dibilang masih muda sudah mampu menghafalkan Quran secara lengkap 30 juz. Diapun menjadi inspirasi semua orang, terutama anak-anak untuk bisa menghafal Al-Qu'an.

Ternyata Wirda punya cara tersendiri loh dalam menghafal Al-Quran yang mempunyai jumlah lembaran yang tidak sedikit. Sebenarnya menghafalkan Al-quran itu tidak sulit kok, asalkan ada niat, kesungguhan dan pastinya doa, Insyaalloh Al-quran mampu dihafal dengan cepat dan mudah.

Nahh untuk meperlancar niat kamu menghafal Al-quran yang mulia. Berikut beberapa tips cara menghafal Al-Quran by Wirda Mansur

1. Mengulang Ayat Berkali Kali 

Oke untuk metode mengulang ini bahan-bahan yang harus kalian persiapkan adalah :

a. Al-Quran
b. Tasbih Digital

lhoo kok pake tasbih digital segala??? yaa karena ini adalah menghafal ayat dengan cara mengulang-ulang kita perlu tasbih digital untuk menghitung jumlah berapa kali kita mengulang ayat..

Ulanglah ayat yang mau kamu hafal sebanyak 20-60 kali.. Gunakan tasbih digital tersebut untuk menghitung yaa. Semakin banyak kamu dalam mengulang ayat, maka hafalan kamu akan semakin kuat nempel diotak.

Perlu diperhatikan, saat proses pengulangan ayat, jangan tutup Al-qurannya dulu, pada saat lupa kamu bisa melihat ayatnya dan lama-kelamaan ayat tersebut akan terekam oleh mata kamu dan tersimpan diotak. Jadi bisa dibilang mempercepat kamu dalam menghafal. nah kalo kamu sudah selesai mengulang sebanyak yang saya katakan diatas, baru boleh kamu tutup Qurannya.


2. Menghafalkan Quran + No Ayat

Mungkin kamu pernah melihat ada orang yang hafal Al-Quran + Nomer Ayatnya. Sebenarnya kamu juga bisa kok. Seperti yang jelaskan Wirda Mansur caranya yaitu pertama-tama baca ayatnya terlebih dahulu lalu sebutkan nomer ayatnya.

Contoh : enam إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لا يُؤْمِنُونَ

Begitu seterusnya dengan ayat-ayat berikutnya

Insyaallah kamu bisa hafal Ayat beserta nomer ayatnya.


3. By Audio

Saat Wirda umur 7 tahu katanya menghafalkan Al-quran dengan cara mendengar. Dengan cara ini Wirda mansur hafal surat Qof diluar kepala.

Saran dari wirda mansur untuk membantu kamu dalam menghal downloadlah aplikasi "ayat" yang bisa kamu dapatkan di app store. Keunggulan aplikasi ayat bisa mengulang ayat secara otomatis sesuai keinginan kamu dan bisa memilih bacaan syekhnya. [sukaon/berdakwah]

BacaHukum Membaca Al-Quran dengan Mushaf Ketika Shalat
BacaInilah Delapan Keutamaan Membaca Al-Qur'an



Artikel Terkait

loading...