Rabu, 02 Agustus 2017

Nyai Ahmad Dahlan The Movie Ingatkan Kiprah Pejuang Perempuan Muhammadiyah


Seorang tokoh yang dianugerahi sebagai pahlawan nasional bernama Nyai Walidah sudah difilmkan dan akan tayang dalam bulan Agustus 2017 ini.

Tokoh yang lebih dikenal dengan nama Nyai Ahmad Dahlan tersebut merupakan adalah istri dari KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Nyai Ahmad Dahlan adalah tokoh emansipasi perempuan dari desa Kauman yang dijuluki "kampung santri"-nya Yogyakarta. Nyai Ahmad Dahlan adalah panutan kaum perempuan yang pernah menjadi salah satu perempuan yang memimpin agenda besar Kongres Muhammadiyah pada tahun 1926 silam.

Pihak keluarga KH Ahmad Dahlan sengaja membuat film Nyai Ahmad Dahlan The Movie supaya perjuangan Nyai Ahmad Dahlan serta pergerakan kaum perempuan di masa silam tidak usang ditelan zaman.

Film yang disutradarai oleh Diah Paramita tersebut didukung oleh aktor dan aktris kenamaan Indonesia yaitu diantaranya Tika Bivrani yang menjadi pemeran Nyai Ahmad Dahlan.

Sementara David Chalik akan memerankan KH Ahmad Dahlan. Film tersebut juga didukung oleh belasan kader dan aktivis Muhammadiyah Yogyakarta yang mengambil lokasi syuting di Kulonprogo, Gunungkidul Kota Yogyakarta.

Perwakilan keluarga KH Ahmad Dahlan, Widyastuti, menyebutkan film tersebut didukung oleh mayoritas aktifis Muhammadiyah dan 'Aisyiyyah.

"Pemain dalam film ini 70% diantaranya didukung oleh kader-kader Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, serta pihak keluarga KH Ahmad Dahlan," jelas Widyastuti pada Jumat (17/3) lalu saat memberi sambutan dalam acara Tasyakuran saat memulai syuting Nyai Ahmad Dahlan The Movie di Hall Hotel Cantya.

Berikut trailer Nyai Ahmad Dahlan The Movie yang sudah beredar di laman Youtube:



Artikel Terkait

loading...