Kamis, 07 September 2017

Tak Sampai Sehari Bebas, Ustadz Alfian Tanjung Ditangkap Lagi


Tak sampai sehari menghirup udara bebas, pengamat gerakan Komunis Alfian Tanjung kembali ditangkap polisi. Penangkapan dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (UHAMKA) ini dilakukan Polda Jatim sore tadi.

Salah satu anggota Tim Advokasi Alfian Tanjung (TAAT) yang dihubungi Suara Islam Online, Helmi Aldjoefri, membenarkan kabar penangkapan kembali kliennya itu. "Iya benar pak," kata Helmi.

Menurut Helmi, penangkapan dilakukan pada Rabu (6/9) sore oleh sekira 50-60 aparat polisi bersenjata lengkap.

Menurut informasi yang beredar, Alfian dijerat lagi dengan kasus yang hampir sama untuk ceramahnya di Masjid Said Naum, Tanah Abang, Jakarta pada 1 Oktober 2016 lalu.

Alfian sendiri bebas atas persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya, terkait laporan simpatisan PDIP. Majelis Hakim membebaskan Alfian karena dakwaan ada kesalahan administrasi soal tempat kejadian dan juga waktu.

Alfian diputus bebas, namun kemudian ketika ke luar dari Rutan Medaeng Surabaya, aparat kepolisian langsung menangkap dan membawa Alfian ke Polda Jatim.

"Ini katanya penangkapan atas kasus di Polda Metro, kalau enggak salah atas laporan Teten Masduki. Waktu itu Pak Alfian dilaporkan atas ucapannya soal rapat PKI di Istana," salah satu pengacara Alfian dari LBH Bang Japar, Juju Purwantoro, seperti dikutip Kumparan.com.

Kemungkinan besar, Alfian akan segera dibawa ke Jakarta. "Kami di Jakarta siap mendampingi, ada 50 pengacara," beber dia.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari pihak kepolisian. []


Artikel Terkait

loading...