Rabu, 25 Oktober 2017

Bisma Yanbu’a Kudus, Bocah 10 Tahun yang Hafal Quran dan Hadits


Bisma, namanya. Santri Pondok Tahfizh Yanbu’ul Qur’an yang juga dikenal Pesantren Yanbu’a, Kudus.

Bocah yang baru berusia 10 tahun ini telah hafal Al Qur’an 30 juz. Tak hanya itu, ia juga hafal kitab hadits Bulughul Maram. Lebih ajaib lagi, Bisma juga hafal 1002 bait nadzom Alfiyyah Ibnu Malik dan kitab Durratun Nasihin.

Hal itu terungkap ke publik saat Bisma menghadiri Peringatan Hari Santri tanggal 22 Oktober 2017 di Gelora Delta Sidoarjo.

Santri asal Gedangan Sidoarjo yang lahir pada 10 April 2007 itu didaulat sebagai santri teladan. Ketua Rais Am Nahdlatul Ulama KH Ma’ruf Amin memberinya hadiah kitab Tafsir Munir karya Syaikh Nawawi Al Bantani.

“Anakku yang luar biasa, sudah hafal Al Qur’an, hafal alfiyah, hafal Durratun Nasihin, saya kira belum ada yang seperti ini. Mudah-mudahan Allah terus memberinya umur panjang, berguna bagi agama, bangsa dan negara. Supaya melengkapi hafalannya, saya akan memberikan sebuah kitab. Namanya Marah labid yang dikenal dengan Tafsir Munir karya ulama yang juga menulis Nashaihul Ibad yakni Al Allamah Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi,” kata KH Ma’ruf Amin.

KH Ma’ruf Amin berharap Bisma menjadi ulama yang luar biasa.

Berikut ini video detik-detik saat Bisma menerima cindera mata dari KH Ma’ruf Amin:



Artikel Terkait

loading...