Jumat, 20 Oktober 2017

Ingin Jadi Orang Paling Dekat dengan Nabi? Hari Jumat, Lakukan Ini


Setiap muslim pasti ingin dekat dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di akhirat nanti. Dekat dengan beliau, artinya disayang sama beliau. Dekat dengan beliau, berarti akan mendapat syafaatnya.

Bukankah dekat dengan penguasa saja, banyak orang yang bangga. Dianggap memiliki kedudukan terhormat dan bukan orang sembarangan. Mendapat fasilitas, dan juga bisa “kecipratan” kue kekuasaan.

Dekat dengan Rasulullah tentu menjadi kemuliaan yang sangat luar biasa.

Bagaimana caranya agar menjadi dekat dengan Rasulullah bahkan menjadi orang yang paling dekat dengan beliau? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri mengungkapkan rahasianya. Perbanyak sholawat. Terutama di hari Jumat.

Baca: Inilah Sunnah-Sunnah Dihari Jum'at yang Wajib Kamu Ketahui

Sebab, orang yang paling dekat kedudukannya dengan beliau di akhirat nanti adalah orang yang paling banyak membaca sholawat.

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat umatku diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak sholawatnya, maka ia menjadi orang yang paling dekat kedudukanya dariku” (HR. Baihaqi)

Selain itu, orang yang banyak membaca sholawat juga akan mendapatkan banyak keutamaan. Satu kali mengucap sholawat, ia akan mendapat sepuluh sholawat dari Allah, sepuluh kebaikan, diampuni sepuluh doanya dan diangkat derajatnya sepuluh derajat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa” (HR. Ahmad)

Beliau juga menjelaskan keutamaan sholawat dalam hadits lainnya:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i)

Keutamaan lengkap sholawat dan bacaan-bacaannya bisa dibaca di sholawat nabi. []

Baca: Ini Bacaan Shalawat Nabi yang Dianjurkan dan Sesuai Tuntunan



Artikel Terkait

loading...