Rabu, 04 Oktober 2017

Kapan Umat Islam Akan Bangkit dan Kembali Bersatu?


Pada masanya umat Islam pernah berjaya. Saat itu masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam berdakwah dan berjihad. Namun setelah wafat Rasulullah, semakin memudar keimanan dan kekuatan fisik , umat Islam sehingga kejayaan dahulu kala hampir nyaris sulit untuk diraih. Sebagaimana hadist Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam yang artinya sebagai berikut :

Setelah aku wafat, setelah lama aku tinggalkan, umat Islam akan lemah. Di atas kelemahan itu, orang kafir akan menindas mereka bagai orang yang makan dengan rakus.” Sahabat bertanya, “Apakah ketika itu umat Islam lemah dan musuh sangat kuat?” Sabda Rasulullah, “Bahkan masa itu mereka lebih ramai tetapi tidak berguna, tidak berarti dan tidak menakutkan musuh. Mereka ibarat buih di laut.” Sahabat bertanya lagi, “Mengapa seramai itu tetapi seperti buih di laut?” Jawab Rasulullah, “Karena ada dua penyakit yaitu mereka ditimpa penyakit Al Wahan.” Sahabat bertanya lagi, “Apakah itu Al Wahan?” Rasulullah bersabda, “Cinta dunia dan takut mati”.

Baca: Apa itu Al-Wahn?

Allah pun memberikan janji kelak umat Islam akan kembali bangkit dan berjaya di atas muka bumi.

Baca Juga : Ibadah Sosial Lebih Utama Dari Rukun Islam? Benarkah?

Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa hadits berikut ini.

Hadits pertama Rasulullah menceritakan seorang pemuda yang akan membawa umat Islam pada kejayaan kembali. Dan telah mengeluarkan Abu Daud dan Tabrani dari Abdullah bin Mas’ud dari pada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam sabdanya “Kalau tidak tinggal dari umur dunia kecuali sehari, nescaya Allah panjangkan hari itu sampai diutuskan kepadanya seorang lelaki (Al Mahdi) dari keluargaku sama namanya dengan namaku dan nama ayahnya dengan ayahku dan dia memenuhi dunia dengan keadilan sebagaimana ia telah dipenuhi dengan kezaliman”.

Hadits kedua mengisahkan dari mana pemuda yang akan membawa umat Islam kedalam kejayaan berasal. Berikut haditsnya:

Ketika kami berada di sisi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, tiba-tiba datang sekelompok anak-anak muda dari kalangan Bani Hasyim. Apabila terlihat akan mereka, maka kedua mata Rasulullah berlinang air mata dan wajah beliau berubah. Akupun bertanya : “Mengapakah kami melihat pada wajahmu, sesuatu yang kami tidak sukai?”. Beliau menjawab : “Kami Ahlul bait telah Allah pilih untuk kami akhirat lebih dari dunia, kaum kerabatku akan menerima bencana dan penyingkiran sepeninggalanku kelak, sampai datangnya suatu kaum dari sebelah Timur yang membawa bersama mereka panji-panji berwarna hitam. Mereka meminta kebaikan , tetapi tidak diberikannya. Maka mereka pun berjuang dan memperoleh kemenangan. Lalu diberikanlah apa yang mereka minta itu, tetepi mereka tidak menerimanya hingga mereka menyerahkannya kepada seorang lelaki dari kaum kerabatku yang memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana bumi dipenuhi dengan kedurjanaan. Siapa diantara kamu yang sempat menemuinya, maka datangilah mereka walalupun merangkak di atas salji. Sesungguhnya dialah Al Mahdi.

Telah mengeluarkan Tabrani dalam Al Ausat, dari Ibnu Umar bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengambil tangan Ali dan bersabda :

Akan keluar dari sulbi ini pemuda yag memenuhi dunia dengan keadilan (Imam Mahdi). Bilamana kamu melihat yang demikian itu, maka wajib kamu mencari Pemuda dari Bani Tamim, dia datang dari sebelah Timur dan dia adalah pemegang panji-panji Al Mahdi”. (dari kitab Al Hawi lil Fatawa oleh Imam Sayuti)

Demikian hadits-hadits yang memaparkan kapan umat Islam akan kembali bangkit, bersatu dan berjuang. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kebangkitan Islam akan terjadi kelak saat tanda-tanda akhir dunia telah muncul. Itulah hari akhir zaman. Semoga bermanfaat.

Wallahu A’lam Bish-showab. [hijaz/berdakwah]

Baca: Apa itu Al-Wahn?


Artikel Terkait

loading...