Jumat, 03 November 2017

Mantan Konsul: Inggris Harus Bertanggung Jawab atas Deklarasi Balfour


Mantan Konsul Jenderal Inggris di Yerusalem, Vincent Fean, menyatakan, pemerintah Inggris harus bertanggung jawab atas Deklarasi Balfour, sebuah surat yang mengakibatkan lahirnya negara agresor Israel.

Fean menuturkan, Inggris harus bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya seratus tahun yang lalu, bertindak untuk mengakhiri pendudukan Palestina, dan membantu pembentukan dua negara di wilayah  tersebut.

"Kita harus memikul tanggung jawab sebagai orang Inggris atas apa yang Inggris lakukan dalam nama kita seratus tahun yang lalu, dan kita harus bertindak untuk mengakhiri pendudukan, dan untuk membantu menciptakan dua negara di Tanah Suci sesuai dengan perjanjian perbatasan pada tahun 1976," ucap Fean.

Pria yang menjabat sebagai Konsul Jenderal Inggrsi di Yerusalem tahun 2010 hingga 2014 itu kemudian menuturkan, langkah awal yang bisa dilakukan Inggris untuk menembus kesalahannya adalah dengan mengakui kedaualatan Palestina.

Baca duluSejarah Penjajahan Palestina, "Yang Memiliki yang Pergi"
Baca duluKejahatan Perang Israel, Kekejian Sudah Terlebih Dahulu Lahir di Palestina
Baca duluSejarah Panjang Permusuhan Yahudi Terhadap Islam

"Perlu ada perubahan di lapangan. Tembok, permukiman, penutupan Gaza, ada banyak hal yang perlu diubah. Roket yang diluncurkan dari Gaza, itu perlu diubah juga. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh banyak orang," sambungnya.

Inggris sejauh ini tidak memberikan tanda akan penyesalan atas lahirnya deklarasi itu. Justru setiap tahunnya Inggris selalu merayakan lahirnya deklarasi itu, yang ditandai dengan makan malam antara pemimpin Inggris dan Israel.Selain itu, pernyataan yang dilontarkan oleh  Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson pekan lalu menunjukan Inggris tidak menyesali lahirnya deklasi tersebut. Mantan Walikota London itu mengaku bangga negaranya beperan dalam menciptakan Israel.


red: A Syakira
sumber: sindonews.com
disadur dari suara-islam.com


Artikel Terkait

loading...