Selasa, 30 Januari 2018

Ada Lafaz Allah di Produk Kaos Kaki, Perusahaan Ini Minta Maaf


Sekilas, kaos kaki anak-anak berwarna biru itu tampak biasa-biasa saja. Dengan gambar sosok lego berhelm yang sedang memegang sebuah mesin.

Namun, jika diperhatikan lebih seksama, ada lafaz Allah di sana. Ini yang kemudian menjadi persoalan serius bagi umat Islam yang peka.

Pasalnya, produk tersebut adalah kaos kaki yang tentu saja dipakai di kaki.

Umat Islam yang melihat motif tersebut sebagai lafaz Allah kemudian mengecam H&M, raksasa ritel Swedia yang mengeluarkan produk kaos kaki anak tersebut.

Menghadapi protes tersebut, H&M pun akhirnya meminta maaf dan menarik kembali produk tersebut. Dalam permohonan maafnya, H&M mengatakan bahwa motif mirip lafaz Allah itu hanya kebetulan belaka.

"Hasil cetak di kaus kaki yang menggambarkan sosok Lego, yang terlihat seperti lafaz "Allah" dalam bahasa Arab sepenuhnya merupakan kebetulan. Tapi karena pelanggan kami mengeluh, kami telah memilih untuk menarik kembali barang-barangnya," kata Petra Buchinger, Press Officer di H&M seperti dilaporkan Radio Pemerintah Swedia, SVT.

Sebelumnya, H&M pernah menuai protes karena membuat kaos bertuliskan "Monyet paling keren di hutan," dengan gambar anak laki-laki berkulit hitam.

H&M pun menunjuk pemimpin keragaman setelah kejadian tersebut, untuk mengatasi kekurangan dalam hal mengakui perbedaan budaya kepekaan konsumen. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Artikel Terkait